Home

Rabu, 17 Maret 2010

Edisi 10 Maulid Nabi Muhammad SAW

Edisi 10 Senin, 1 Maret 2010

SMP Negeri 7 Bau-Bau

Siswa SMP 2 Bau-Bau



From Redaksi :

Jangan Menyakiti Diri Sendiri

Ass.Wr.wb. Hai pembaca yang budiman, ngimana kabar semuanya…\? Semoga kali ini dalam keadaan baik. And semoga yang pada mau ujian lulus semua… amin.. oh ia, pada edisi 10 ini, kami dari redaksi ingin sedikit membahas tentang diri kita sendiri, penting gak sih, kalau kita gak nyakiti diri kita..? itu sebuah pertanyaan yang mungkin ada pada semua orang, kebanyakkan dari kita sering menyakiti diri sendiri karena beberapa hal, mungkin diantaranya kita sering banget merokok, walaupun kita tahu akibatnya, kita tatap melakukannya, pada hal itu akan menyakiti diri kita sendiri.

Ada juga teman-teman kita yang sanang banget minum-minuman keras, yang mana kita juga tahu bahwa itu sangat merugikan diri kita sendiri. Bila kita mengkaji lebih jauh, sebenarnya diri kita ini terdiri dari dua unsur yang pertama unsur ruhani, dimana unsur ini, sangat erat kaitannya dengan sang Tuhan. Sering kali kita membaca kitab suci ada sebagian ayat yang menjelaskan bahwa Tuhan itu gak mau nyakiti hamba-hambanya, hanya ada kalanya para hamba-hambanya yang sering menyakiti dirinya sendiri dengan melakukan dosa, dan beberapa kesalahan.

Nah oleh karena itu kita harus lebih sering mengkoreksi diri kita, mulai dari kita bangun tidur, hingga kita tidur lagi pada malam hari. Bila kita mampu mengevaluasi diri kita tentang apa yang telah kita lakukan, insya Allah kita akan mampu menjadikan diri kita lebih baik dari hari-hari sebelumnya.

Ada pepatah yang mengatakan “jadikan diri kamu lebih baik, hari ini, dari pada hari kemarin,” marilah kita menjaga diri kita sehingga kita tak merugikan orang lain yang meyayangi kita..

(By @chmad).


Mari Mencontoh Muhammad SAW


GR-Bau-bau, Jumat,26/2 lalu. SMP N 2 bau-bau mengadakan peringatan maulit Nabi Muhammad SAW, sebelum kegiatan ini dimulai pihak sekolah memberikan kesempatan kepada Pimpinan Redaksi GR OnLine untuk melakukan training kecerdasan, dimana training ini akan memberikan kesempatan kepada para siswa yang tadinya malas, bisa menjadi rajin, yang tadinya bodoh, bisa menjadi pintar, yang tadinya biasa-biasa aja, bisa menjadi luar biasa, setelah training ini berakhir para siswa pun diberi kesempatan untuk dapat mengikuti lomba penulisan cerpen dan puisi, dimana bagi siswa yang mempunyai tulisan terbaik akan dimuat pada bulletin remaja, dan berkesempatan bertemu dengan penulis lascar pelangi. Kegiatan ini di hadiri hampir seluruh siswa, walaupun hanya di depan Ruangan Guru kegiatan ini dapat menarik simpati para siswa SMP N 2 Bau-bau. Kebanyakkan yang mendengar training ini, duduk beralas Koran. Karena setelah kegiatan training kecerdasan para siswa akan mengikuti acara maulid Nabi Muhammad SAW.

Training Kecerdasan

Saat ditemui wartawan GR, seorang siswa mengatakan “training ini, sangat bagus, selain itu juga kami siswa

diberi kesepatan untuk berkreatifitas.” Jelas fitri. Ia pun menambahkan saya suka sekali menulis mungkin saya akan coba untuk ikut perlombaan ini, siapa tahu saya bisa bertemu dengan penulis lascar pelangi.” Jelasnya sambil tersenyum..(Harry/awal)

Mari Mengadakan Perubahan Dengan Keseimbangan Diri

GR- Jumat, 26/2 lalu, kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW di adakan di SMP N 7 Bau-bau. Acara ini dihadiri semua penghuni sekolah, hamper semua siswa mulai dari kelas VII sampai Kelas IX, saat tema untuk maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini yaitu “Dengan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Dapat Memberi Suri Teladan dalam Melaksanakan Perubahan Akhlaq Qurohrah Untuk Mencapai Tujuan Pendidikan Bermutu”. Pada kegiatan ini pula yang menjadi penceramah adalah KH. Abdul Rasyid Sabirin. Beliau adalah Kepala pondok pesantren Modern

AL-Syeh Abdul Wahid. Inti dari ceramah pada kegiatan ini adalah, kita sebagai manusia harus mampu memberi keseimbangan baik rohani, maupun jasmani. Begitu pula alam yang kita tempati ini, harus perlu keseimbangan.

Setelah kegiatan maulid Nabi Muhammad SAW, Kepala sekolah juga memberikan kesempatan untuk Pimpinan Redaksi GR dalam memberikan training kecerdasan. Dalam kegiatan ini pula di paparkan bahwa bagi seseorang yang ingin cerdas maka kita harus percaya bahwa Allah SWT selalu ada untuk kita, dan kita harus yakin bahwa tidak ada tuhan selain dia, maka insya Allah kita akan menjadi orang yang cerdas, selain itu kita harus mampu menjaga sholat 5 waktu, patuh kepada orang tua, tak membenci sesama. (harry-awal)


Nabi Muhammad Adalah Pemimpin Yang Amanah…!

Ketika kita bercerita tentang kisah nabi Muhammad SAW, mhm..menurutku, banyak sekali pengalaman yang dapat kita gali dan kita petik untuk di terapkan dalam menjalankan aktifitas keseharian kita, sebagai Contoh kecil yang dapat kita liat yakni Nabi Muhammad merupakan pemimpin yang amanah artinya bahwa, ketika beliaw diberi suatu kepercayaan maka beliau akan menjaga kepercayaan itu. Ada kisah menarik tentang beliaw yang berkaitan dengan amanah yakni, nabi Muhammad di kenal dengan sosok yang dapat di percaya, saking dapat di percaya oleh semua orang, hingga musuh nabi Muhammad yakni orang-orang kafir juga, sangat amat mempercayai beliau.

Suatu waktu ketika orang kafir ini akan menuju ke suatu tempat yang mana sangat jauh sekali, orang kafir tersebut ingin menitipkan suatu benda yang sangat berharga yang di milikinya. Sementara menurut orang kafir tersebut tidak ada orang yang dapat dipecaya untuk menjaga barang ini selain nabi Muhammad. Nah dari situlah orang kafir tersebut berpikir untuk membawa benda tesebut untuk di titipkan kepada nabi Muhammad, setelah bertemu dengan nabi orang kafir teresebut berpesan “tolong dijaga benda ini nanti sore, baru aku mengambilnya kembali..” dan nabi memengang benda itu lalu

menyimpannya. singkat cerita maka sore hari pun tiba, tiba-tiba datanglah orang kafir tersebut sembari menemui nabi Muhammad saw. Sambil berkata “ terimah kasih banyak atas bantuannya dan ingat kita musuhan lagi yaaa..”. nah…. itulah sepenggal kisah yang menggambarkan bahwa nabi Muhammad sangat di percaya oleh semua orang hingga musuhnya pun orang-orang kafir sangat mempercayai bliau, sungguh merupakan panutan buat kita semua.

Di sisi lain, apakah anda tau…….?Nabi Muhammad saw sebelum menjadi nabi, beliau merupakan sosok pengusaha yang tebilang sukses, (artinya kaya dulu baru jadi pemimpin, kalo faktanya sekarang, jadi pemimpin dulu baru kaya.. hehehe..hehe..he berbanding terbalik ya…). Nabi Muhammad merupakan pedagang yang sangat jujur (patut untuk kita acungkan jempol nih), nah…. Teknik yang sangat sederhana yang di praktekan oleh nabi Muhammad saw dalam menjalankan usaha perdagangannya adalah, dengan melakukan penawaran barang sebagai berikut (ini cuman contoh lho) “ barang ini aku beli dengan harga sekian, terserah anda akan memberikan aku keuntungan berapa?” mm...sangat jujur dan santun yaa.Disamping itu pula, nabi Muhammad adalah sosok pemimpin yang sangat di segani di seluruh dunia betapa tidak

beliau merupakan panutan bagi seluruh umat manusia dimuka

bumi ini sebagai rahmatan lilalamin atau rahmat bagi semesta alam.

Nah…buat kamu-kamu para remaja yang kreatif dan cerdas dikota bau-bau ini, maka sangatlah perlu untuk mencontoh sekelumit kisah nabi Muhammad yang sangat syarat dengan makna dan filosofi yang menarik.... semoga bermanfaat yaaa…

Voril Marpap-mvoril@yahoo.co.id

Buletin Mencerdaskan Siswa

GR- Rabu,24/2 lalu sekolah yang siswanya tidak lebih dari 200 orang mampu memberikan inspirasi baru, dimana dari semua sekolah yang telah dimasuki oleh tim GR, hany sekolah SMA N 1 Lasalimu yang memiliki buletin siswa, namanya Lentera Ilmu, moto dari buletin siswa ini adalah Media Mencerdaskan Siswa, isi dari buletin ini pun sangatlah menarik, ada berita tantang kegiatan siswa disekolah, puisi, teka-teki, dan info-info.

Saat ditemui wartawan GR Kepala sekolah Drs. Tafsir mengatakan “Buletin siswa ini terinspirasi dari seorang guru magang yang mengajar , saat itu ia menguasai computer, setelah saya membirakan hal ini dengannya, ia sangat antusias dan ingin membuat buletin siswa ini.” Jelas kepala sekolah yang di temui di raung kerjanya. Ia pun

menambahkan buletin siswa ini, diharapkan mampu memberikan

peluang bagi para siswa untuk mau berkreatifitas. (awal/harry)

Tri Out Diharapkan Membantu Siswa

GR- Tri out di SMP Nageri 2 Lasalimu, berjalan lancar, saat ditemui wartawan GR Rabu,24/2 lalu, Kepala Sekolah SMP N 2 Lasalumi Mengatakan “ Kami berharap pada tri out kali ini dalam memberikan peluang yang lebih bagus lagi pada siswa kami, sehingga nantinya mereka dapat lulus dari sekolah ini dengan nilai yang bagus” jelas kepala sekolah saat di temui di raung kerjanya. Ia pun menambahkan kami dari sekolah telah berupaya sebisa mungkin agar para siswa dapat menjalankan ujian nasional nanti dengan baik, walaupun jumlah siswa di sekolah kami tidak begitu banyak, namun kami berharap mereka dapat keluar dari sekolah ini dengan hasil yang memuaskan. (Awal/Harry)

Puisi

Disini Untuk Mu

Mungkin Aku hanya sebuah Kembang

Yang hidup diatara bunga-bunga indah

Kadang ku bertanya adakah yang salah pada ku

Tak satu pun penghuni taman itu menjawabnya

Datanglah sebuah bencana yang menhancurkan taman itu

Hampir semua yang ada di hadapan ku menghilang

Mati, tak berbekas

Tinggallah beberapa saja diantara kami yang hidup

Mereka pohon dan bunga yang tak begitu elok

Namun mereka selalu memberikan warna terbaiknya

Pada pengunjung taman itu.

Tetaplah hidup untuk berbakti

Tetalah tersenyum untuk hari esok yang lebih indah. By harry. 27/2/2010.

Kata-Kata Bijak

“Jangan menyakiti orang lain karena itu sama seperti kamu menyakiti dirimu sendiri”By Harry 27/2/2010


Tidak ada komentar:

Posting Komentar