Home

Minggu, 28 November 2010

Edisi 19

Keteguhan Hati


From redaksi

Pengorbanan setulus hati

Ass. Wr. Wb. Hai para pembaca yang budiman, semoga setiap harinya kita termasuk orang-orang yang pandai bersyukur terhadap nikmat yang Allah SWT. Berikan untuk kita semua…. Amin.,,, oh ia untuk kali ini kami mengangat tema tentang pengorbanan, seperti yang telah kita alami pada bulan November ini, di mana tanggal 17 kemarin seluruh umat muslim di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idul Adha, yang mana hari itu adalah hari yang berceritakan bahwa ada seorang Rasul Allah telah melakukan pegorbanannya, untuk membuktikan bahwa Ia merupakan hambanya yang patuh dan taat terhadap semua yang di suruh oleh Allah SWT, selaku pencipta alam semesta ini.

Nah, sejak kecil saat kita mengikuti sholat Idul Adha tema dalam ceramah yang dibawakan oleh para ustad, termasuk kiai, pastilah pengorbanan Nabi Ibrahim untuk menyembeleh anaknya. Kali ini kami membahas habis, makna yang terkadung di dalam ceramah tersebut.

Lajut cerita, saat itu nabi Ibrahim yang telah diperintahkan Allah SWT untuk menyembeleh Anaknya sebagai tanda bukti bahwa ia merupakan hamba yang taat kepada tuhannya. Tanpa segan atau pun halagan, Nabi Ibrahim melaksanakan tugas tersebut,…. Dan tiba-tiba, saat itu Allah SWT mengantikan anaknya dengan seekor domba.

Dengan demikian maka, Allah SWT. Telah membuktikan bahwa ia merupakan Tuhan yang tak pernah salah dalam melakukan apapun yang akan ia lakukan. Banyangkan saat itu Nabi yang telah bertahun-tahun tidak memiliki anak, dan saat anaknya ada ia harus mengorbankan anaknya untuk pembuktian kepada Allah SWT. Sebagai tanda rasa syukur kepada Allah. Seandainya hal itu kita lakukan apakah kita sangup…? Tentu dari banyak manusia yang ada di bumi ini, tidak ada yang sangup melakukan hal itu, pada hal, apa yang dikendaki oleh Allah itu merupakan yang terbaik untuk kita.

Para pembaca yang budiman, Pertanyaanya sekarang apakah kita hidup ingin mengikuti kehendak kita ataukah mengikuti kehendak Allah SWT….? Jawaban yang pasti dan tak akan kita ungkiri adalah, kita hidup dunia ini lebih baik mengikuti kehendak Allah SWT. Dari pada kita mengikuti kehendak kita sendiri. Suka atau pun tidak itulah yang terjadi, bahwa apa pun yang terjadi di dunia ini semua adalah kehendak Allah SWT.

Oleh karena itu kita sebagai manusia haruslah pandai mengsyukuri apa yang telah diberikan Allah pada kita, kita juga harus mengikuti kehendak Allah saat Allah melarang sesuatu tentulah sesuatu itu baik bagi kita saat kita tidak melakukan pelangaran itu.

Pengorbanan yang kita lakukan haruslah dengan setulus hati, karena hanya dengan itulah kita dapat membuktikan bahwa kita adalah hamba-hambanya yang pandai mengsyukuri Nikmat tuhan. Dalam pengorbanan itu akan menjadikan kita sadar bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini selain Allah SWT. Dengan begitu bila kita ingin menyayangi sesuatu, maka sayangilah karena Allah.

Pembaca yang dirahmati Allah SWT, semoga apa yang kami sampaikan ini, dapat memberikan sedikit hal positif, dalam kehidupan kita ini,… dan semua yang benar datangnya dari Allah SWT.

Akhirnya kami segenap Pimpinan Redaksi GR mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha, semoga apa yang kita korbankan selama ini, dapat memberikan kita lebih dekat kepada Allah SWT,… amin…

Akhir kata, wasalamulaikum, WR,Wb. (ACHMAD).


Berita Utama

Hari Raya Idul Adha Hanya sehari

Bagi remaja Kota Baubau, hari raya idul adha tahun ini, sungguh kurang asik, hal ini disebabkan karena lebarannya hanya diberi libur sehari, tidak seperti biasanya. saat ditemui salah satu siswa SMK Negeri 2 Baubau, Zakir mengatakan, "untuk kali ini liburnya hanya sehari,hal ini membuat kami, jadi kurang bersemangat" jelasnya singkat. ada juga siswa dari SMP Negeri 1 Baubau, Dhayat mengatakan "liburan kali ini, sedikit berbeda, karena liburnya hanya sehari" katanya sambil mengaruk kepala. ia menambahkan kenapa sih tidak dikasih libur 3 hari atau seminggu sekalian, biar asik... (ahz23)


Ujian Semester di Percepat

Bagi siswa SMA Negeri 1 Baubau ujian semester kali ini sangat cepat dilaksanakan. ada juga mata pelajaran yang belum selesai, tapi sudah langsung masuk Ujian. saat ditemui salah seorang siswa Rian mengatakan "semester kali ini sungguh cepat, hal ini sih bagus, tapi kalau ada pelajaran yang belum selesai bagaimana, kan jadi gak bisa tahu apa2 saat ujian" jelasnya. ia pun menambahkan sebenarnya bagus juga sih, ujian di percepat supaya akhir tahu kita tak lagi memikirkan pelajaran:,, heee. (harry)



Pelajaran sejarah kurang

Bicara tentang sejarah, maka kita akan berbicara tentang masa lalu, hal ini sebenarnya penting untuk dipelajari, karena sejarah merupakan sebauh pelajaran yang asik, dan menyenangkan, oleh karena itu setiap siswa SMA wajib memperlajari sejarah. Namun bagi kota baubau ternyata untuk guru sejarah sudah sangat jarang ditemui. hal ini terlihat di beberapa sekolah, banyak guru-guru yang bukan spesifik guru sejarah mengajar sejarah. saat ditemui salah satu siswa SMA Aprian mengatakan "untuk guru sejarah, disekolah kami hanya seorang saja, itu pun guru tersebut telah mengajar lagi mulok," jelasnya singkat. ia menambahkan kalau bisa guru sejarah di Kota Baubau di perbanyak sehingga sekolah-sekolah tidak ke kurangan guru sejarah, pada hal mempelajari sejarah akan memberikan kita suatu dimensi masa lalu yang bisa mengubah apa dan bagaimana yang harus kita lakukan untuk masa depan, (achmat)


Cerpen


TUlisan Hati

Motor supra XX mulai di nyalakan, walaupun sedikit sulit akhirnya motor yang telah dibeli 5 tahun lalu berbunyi. Arif pun merasa senang dalam hati “alhamdullah ahirnya nyala juga” kata arif sambil tersenyum.. perjalanan hari ini pun mulai di laluinya, sepanjang jalan menuju tempat ia bekarja ia bekerja, ia menikmati perjalanannya sambil menikmati cahaya pagi yang sangat ia senangi, dan melihat banyaknya orang-orang yang mulai beraktifitas. Kecepatan motor yang ia bawa hanya berkisar antar 40 km/jm saja. Setelah 15 menit ahirnya ia tiba di tempat kerjanya.. arif seorang wartawan GR yang sedang nyamar menjadi pelayan cafe untuk mendapatkan informasi tentang cewek-cewek yang senang menceritakan tentang cowok yang mereka kagumi.

Saat jam tangan arif pun menunjukkan 12.00 wita. Ia pun memohon izin pada manager cafe untuk istirahat dan sholat. “bos saya istirahat sholat dulu ya” kata arif sambil mengankat tangannya. Pada saat bosnya sang melihat-lihat apa yang sedang terjadi pada siang itu. “oke, sampai jam 1 tolong balik lagi kesini” kata bos sambil mengangukkan kepalanya. “Baik bos” kata arif sambil tersenyum dan berjalan pergi meningkalkan cafe tempat ia bekerja.

Saat azan pun mulai didengarkan ia memasuki masjid raya dan langsung menuju tempat wudhu. Hal ini dilakukan oleh siapa saja yang merasa muslim yang akan melaksanakan sholat. Karena salah satu syarat untuk mengikuti sholat. Ia pun mulai berwudhu mulai dari membasu telapak tangannya, muka, tangan, telingga, kepala, dan terakhir kakinya.

Setelah selesai ia selesai wudhu ternyata khomat telah di dendangkan. Ia pun melaksanakan sholat dhuhur secara berjama’ah. Mulai dari tambir, rukuk, sujud dan salam setelah 4 rakaan ia lalui. Saat ia hendak berdoa ada temannya yang menyapanya “hai apa kabar” kata achmad teman saat ia sma dulu. “hai juga, Alhamdulillah baik-baik aja” kata arif sambil menjabat tangan achmad. “mhm... maaf sapa ya..?”kata arif agak lupa. “saya achmad, teman kamu saat sma dulu. Yang dulu duduk disamping kamu, masak gak ingat sih” kata achmad sambil tertawa kecil dan tersenyum. “oh kamu toh...?” kata arif sambil menyuruh achmad duduk “duduk dulu donk!” kata arif senang. “Oke nanti kita cerita saya sholat dulu” kata achmad. Sambil melepas tangan arif “oke deh, saya masih banyak waktu, saya juga mau berdoa dulu” kata arif sambungnya “nanti saya tunggu kamu disini, setelah kamu selesai sholat” kata arif. “oke” kata achmad sambil pergi mengikuti beberapa orang yang sedang melakukan sholat berjam’ah juga.

Setelah selesai sholat ia pun menunggu achmad di belakang tengah ada sebuah tiang yang berdiri tegak yang sangat ia senangi untuk sandar di tempat itu. Menjelang beberapa menit ia pun di temui achmad yang telah selesai shsolat.

“Ngimana ..?” kata achmad

“Apanya yang ngimana..?” kata arif “Sekarang... apa aktifitas kamu..?” jelas achmad “saya biasa aja kok, sakarang saya salah satu pramusaji di cafe, ya ngitung-ngitung ngisi waktu.. sekalian buat tulisa apa ngitu..?”kata arif “Mhm... ngitu... bagus juga..!,” so kamunya ngimana?” Tanya arif. Pada achmad. “saya sekarang lagi liburan disini, cz sekalian lihat-lihat teman-teman sma sapa tau bisa reunian ngitu...” jelas achmad pada arif.. “oh ngitu..” “oke deh, saya mau balik ketempat kerja dulu nanti baru kita ngomong-ngomong lagi” oh ia berapa no hp kamu” Tanya arif, mhm no saya 08569644335” kata achmad “oke, makasih, nanti kita ketemu lagi”, semoga hari ini menyenangkan buat kamu” kata arif. “you too” kata achmad sambil tersenyum..

Saat arif ingin keluar dari masjid ia melihat seorang cewek berjilbab cantik banget, sayangnya ia hanya melihat dari samping. “subahanallah, cantik baget” kata arif dalam hati. Ternyata cewek itu pun bersiap untuk keluar dari masjid itu. Arif ingin mengejarnya, namun saat ia melihat jam tangannya jam udah menunjukkan tingal 10 menit jam 1, “ ya ampun cepat baget sih, sayang mau dikejar tapi waktu gak ada”

Muncul mobil angkutan umum yang biasa mengakut anak-anak mahasiswa. Turun seorang cewek cantik rahti nama cewek itu, ia baru aja datang dari Jakarta ini, ia kuliah disini karena ayahnya pindah tugas di sini. Ia berjalan menusuri depan anak-anak kampus yang sedang duduk-duduk di depan kampus. Untuk cewek yang satu ini, tampilannya biasa aja, tapi yang paling menarik dari dia, setiap pakaian yang ia gunakan selalu sesuai. Dan asik untuk dilihat..

“hai rath!.., apa kabar nih..?, kok baru tiba” kata yesi teman rathi yang baru aja mereka kenal kemarin. “baik kok, ngimana udah masuk dosennya” Tanya rathi “belum kok, dari tadi kami juga tunggu dosennya blum datang-datang..” jelas yesi. “Syukur lah saya kira udah terlambat” kata rahti sabil mengelus dadanya. Tak segaja ia melirik seorang cowk yang dari kemarin ia senang melihat dia... hal ini tak di sadari oleh yesi yang berada di depannya. “hai...!?, kamu kenapa?” Tanya yesi, “gak apa kok”, so sekarang ngimana?” Tanya rahti, “mhm... enaknya kita ke kantin aja, sapa tahu ada yang bisa di makan, cz dari tadi saya agak lapar nih..” kata yesi sambil memegang perutnya, “oke deh” kata rahti. Mereka pun pergi ke kantin kampus yang tidak jauh dari tempat mereka berdiri.

Di kantin udah ada seorang cewek sedang duduk minum teh hangat sambil menikmatinya. Ada juga dua orang cewek yang asik cerita tentang pacar mereka yang lagi marah sama mereka karena alasan yang gak jelas. Ada juga beberapa cowok yang sedang duduk menikmati kue yang telah disajikan. “eh tahu gak?, kemarin cwok saya marah saya, gak tahu kenapa tiba-tiba ia marah..”kata zhora “eh.. sama kemarin juga cowk saya marah.., kayak mereka sedang haid aja”kata fatih. Wk..wk....he...he... mereka tertawa bersama. “udahlah gak usah dipikirkan kayak mereka yang terindah aja” jelas zhora “ha..ha,,,ha...” merekanpun tertawa lagi.. cewek dua ini kalau udh ketemu pasti bawaannya ketawa aja... kayak ngiman ngit... tapi mereka gak pernah ganguin orang yang ada di sekitar mereka.

Disebelah mereka, ada rahti dan yesi yang sedang mau duduk dan ingin memesan makan akan yang akan mereka makan pagi itu. “mbak saya pesan teh hangatnya dua, mhm..makannya..!” kata yesi sambil menunjuk rahti, “kalau kamu” Tanya yesi “mhm kalau saya, ada donat gak?” Tanya rathi pada wecek manis yang jadi pelayan kantin kampus mereka..”kalau donat kayaknya ada tingal dua” jelas pelayan itu. “ya udah saya donatnya dua” kata tahri. “Oh ia mbak kalau saya sama mie rebusnya 1 mangkok, ya mbak” kata yesi. “baiklah itu aja yang mau dipesan.” Tanya pelayan itu. “ia mbak” kata rahti.

“eh kamu kenal la wawan?” Tanya zhora. “wawan..?, yang mana ya..?”Tanya fatih sambil mengingat nama itu.. “itu yang kemarin dia goncengan dengan dewi, kak tingkat yang ganteng itu dan” jalas zhora “mhm.. yang kemarin lewat di depan kita itu” kata fatih. “ya itu dia” kata zhora. “ia sih saya akui dia Emangnya cakep, tapikan paranya orang” jelas fatih. “ia saya tahu itu, saya hanya suka matanya, kayak berair-air ngimana ngitu, kadang membuat sya jadi hampir gila, gara – gara lihat dia” kata zhora.. “wk....wk ...ha...ha.. kamu itu, bisa aja..” kata fatih. Kita boleh suka atau kagum sama seseorang tapi gak usah terlalu, karena itu gak bagus juga” jelas fatin. “ia juga sih..! tapi asik juga ya, kalau kagum sama orang yang kita suka tapi gak bisa jadi milik kita” kata zhora. “udah ah... kamu itu bisa aja, juk kita balik, kayaknya dosennya gak datang” kata fatih.. “ngitu ya, oke deh. Cz disini juga kayaknya gak ada yang bisa dilahat.” Kata zhora. “Mhm.. emangnya kamu mau kemana..?”Tanya fatih. “saya mau kepasar beli yang udah dipesan mamaku, tadi pagi..!”kata zhora.. “oh ngitu, ya udah kalau ngitu kita bareng aja, sapa tahu ada yang bagus yang bisa saya beli” kata fatin. Meraka berdua pun beranjak dari tempat mereka duduk dan pergi. bersambung edisi berikut ......


kata-kata bijak

"Terkadang kita hanya memikirkan diri kita sendiri, hingga kita tak sadar bahwa ada yang lebih baik dari pada memikirkan diri kita, yaitu melakukan yang terbaik untuk orang lain" (harry, 29/11/2010)


"Tahukah kamu mengapa orang sering patah hati, atau kecewa,..? hal itu terjadi karena kita tak pernah mau menghargai diri kita sendiri, semakin kita menghargai diri kita, maka akan semakin teguh hati dan pikiran kita untuk tetap melakukan yang terbaik walaupun kita sering kecewa dan sakit hati" (harry, 29 /11/2010)


"HAL YANG KITA ANGAP SALAH BELUM TENTU ITU TAK BERGUNA BUAT KITA, KADANG KITA TAK TAHU MANA YANG SALAH DAN MANA YANG BENAR, TAPI YANG PASTI MENCOBA MELAKUKAN YANG TERBAIK ATAS KEHENDAK HATI KECIL ITU AKAN BAIK-BAIK SAJA," (HARRY, 29/11/2010)


Puisi

Kecupan Hati

HATIkU HANYA INGIN mencari SEJERNIH AIR LAUT

karena walaupun asin Ia mampu menyembuhkan semua jenis luka Luar

Cukuplah MENTARI PAGI MENGHADIAHKAN KU SEBUAH SENYUMAN MANIS

SEBAB ITU TETAP AKAN ADA DIHATI,

kubuatkan sebuah tulusan hari ini, untuk membentuk

SEJENIS BUAH LAUT YANG ASIN TAPI DI SUKAI

tetapkanlah daun berwarna hijau, DARI SEPANJANG MASA INI,

cUKUPLAH jeritan HATI MEMbawA RASA

teguhkanlah tatapan mata dari lingkaran tak pasti.

jejeran pagar jalanan akan hancur dari derasnya hujan kali ini... Harry, 29/11/2010


Kerinduan Hati

jari-jariku mengajariku akan apa yang harus kulakukan

buatkan aku begitu tegar untuk tetap hidup

karena kepergian mu membuat kerinduan yang mendalam,

walaupun tak mungkin kita akan bersama

SEBAB JARAK antara kita terlalu jauh,

TERBSERIK TANYA dihatiku, akan kah dirimu, tetap menjadi dirimu

saat BERATNYA DIRIKU MELEPAS DIRI MU,

BIARLAH NAMA KU KAU SEBUT SAAT KAMU RINDU

KUPELUH ERAT BAYANG MU UNTUK RASA RINDU KU,

SELAMA keraguan dirimu hilang dari ku, akan tetap ada cinta untuk mu...(harry, 29/11/2010




Tidak ada komentar:

Posting Komentar