Home

Rabu, 29 Desember 2010

Edisi 20

Kebaikan Hati

From Redaksi


Ass.Wr.Wb. hai pembaca yang budiman, dan baik hati. terima kasih masih mau melihat tulisan di blog ini. kali ini kami akan membahas suatu tema tentang kebaikan hati. menurut teman-teman apa itu kebaikan hati,,,..? pasti ada yang tahu.... dan pasti juga ada yang bingung... tapi tidak masalah. saya akan memberikan sedikit komentar tentang apa itu kebaikan hati.... kebaikan hati itu, merupakan suatu perlakuan yang sederhana yang tak nampak keiklasannya. dimana bagi setiap pelaku kebaikan hati ini, selalu melakukan yang terbaik untuk orang lain. baik yang dia kenal atau pun tidak. dan dengan kebaikan hati maka orang lain yang mungkin tadinya buruk akan menjadi baik, yang tadinya biasa-biasa akan menjadi istimewa, dan yang baik akan menjadi lebih baik lagi.
kebaikan hati itu bagaikan kita berjalan di jalan raya yang lurus, tanpa apapun yang terlihat, namun di tegah jalan kita bertemu seseorang yang ingin mencelakai kita , dengan tutur kata yang baik dari kita orang itu sadar bahwa apa yang ia lakukan salah, nah. itulah kebaikan hati.... tak perlu sesuatu yang berharga, tapi paling tidak mampu mengubah orang lain menjadi lebih baik... itu jauh lebih baik dari pada memberikan sebuah hadiah yang bagus tapi tak dapat memberikan kebaik pada orang lain...
nah.... ngimana udah ngerti apa itu kebaikan hati...? kalau belum ya... selamat menikmati hidup ini, karena dari semua yang datang akan kamu temukan suatu kebaikan hati pada dirimu dan orang lain..... mat nah.... semoga para pembaca semua... selalu diberikan hidayah yang terbaik oleh ALlah SWT.... (achmad)



Berita Utama

Pentas seni Hari Ibu


mahasiswa universitas Dhayanun Ikhsanuddin Kota Baubau mengadakan pentas Seni untuk memperingati Hari Ibu dibulan Desember ini. dalam pentas seni ini yang boleh menghadiri hanya para gadis... gak tau kenapa emangnya hanya cewek yang boleh memperingati hari ibu, trus cowok gak...? saat ditemui seorang mahasiswa Unidayan. IRha mengatakan "Hari Ibu tahun ini saya hanya berharap agar semua yang telah dilakukan ibu dapat saya balas di kemudian hari" katanya singkat. ia pun menambahkan acara pentas seni seperti ini sebaiknya tidak hanya dilakukan pada hari ibu saja, tapi kalau bisa setiap hari besar lainnya, sehingga dapat meningkatkan kreatifitas mahasiswa. munggu, (12/12 )... (harry)


Liburan Sekolah Isi Dengan Pengayaan

Hampir semua sekolah SMP, SMA libur karena di pertengahan bulan Desember ini semua siswa telah menyelesaikan ujian semester pertama, oleh karena itu libur diberikan pada siswa kelas 1 dan 2 namun untuk kelas 3 mereka harus masuk setelah seminggu kemudian. saat ditemui seorang siswa SMA Negeri 1 Baubau Arfan Mengatakan "sebenarnya kita masuk sekolah untuk mengikuti pengayaan yang dimulai dari jam 8 pagi" katanya singkat. ia pun menambahkan saya sih tidak keberatan dengan adanya pengayaan tapi, apakah ini menjamin saat kita ujian kita tidak akan diberi jawaban oleh guru kita...? (harry)


Indonesia Gagal mencapai Juara AFF Zusuki


Timnas yang dibawahi oleh pelatih asal Autria kali ini belum mampu memenangkan laga terakhir melawan Malaisya, hal ini terjadi bukan karena pemain Indonesia yang tidak bagus namun, karena Rakyat Indonesia telah yang takabur, yaitu menyatakan bahwa Indonesia akan juara. saat ditemui seorang remaja SIswa SMA Rian mengatakan "sebenarnya Indonesia bisa saja juara, Namun karena Rakyat Indonesia belum pertandingan saja sudah merayakan kemenagan" katanya dengan nada kecewa. ia pun menambahkan sebenarnya Kita sebagai pendukung tidak usah terlalu banyak komentar saat laga belum berlangsung. hal inilah yang banyak mengakibatkan kita sebagai manusia selalu egois...(harry)

Penjualan Tiket Stadion Harus Lewat Internet


Padatnya orang yang ingin membeli tiket masuk stadion gelora Bung Karno untuk menonton Indonesia VS Malaysia di laga Final AFF Zusuki Tahun ini, membuat penjualan tiket tidak fere., menurut seorang Remaja di Kota Baubau Arif mengatakan " baiknya penjualan tiket masuk stadion melalui internet saja, sehingga orang-orang yang diluar pulau jawa yang ingin menonton juga dapat membeli secara on line, selain itu juga dengan begitu para pembeli tiket tidak perlu saling dempetan untuk mengantri" katanya singkat. ia pun menambahkan sebaiknya pengelola stadion harus jeli melihat hal seperti ini, dan memudahkan akses sehingga tidak menimbulkan korban jiwa seperti yang telah kita lihat di TV kemarin, belum apa2 sudah ada yang korban hanya untuk mengantri tiket... (achmad)


Cerpen


Tulisan Hati..

Sedangkan yesi dan rahti masih asik menikmati makanan yang udah mereka pesan sambil memakannya.. sesekali mereka terlihat tertawa karena mie siram yang di pesan yesi sedikit kepedisan dan yesi pun terpaksa harus mengambil air minum dengan terburu-buru... “wah duh... pedis baget sih..?” keluh yesi. Wk..wk..ha..ha kamu juga sih kenapa tadi kasih sambalnya kebanyakkan,”Tanya rahti “saya kira tadi sambalnya gak pedas.” Keluh yesi. “udahlah makan aja, kan mubazir, he...he..” jawab rahti sambil tertawa. Beberapa saat kemudian mereka pun beranjak dari kantin kampus dan pergi ke raungan mereka untuk kuliah.

Yolanda, cewek yang satu ini pinter, asih dan menyenangkan. Hanya kadang ia agak sibuk sendiri kalau udah berhadapan dengan buku. Kadang bisa gak tau apa yang ada di sekitarnya. “misi, maaf menggu, boleh pinjam buku kamu yang sedang kamu baca gak?” Tanya gunawan “mhm boleh sih, tapi kayaknya saya masih baca..!, ngimana donk?” Tanya Yolanda sedikit bengong. Cz baru kali ini ia di sapa sama cewok yang udah lama ia kagumi. “ngini aja, ngimana kalau kamu ikut saya ke tempat foto copy, kan gak jauh tuh.., hanya di belakang kampus ini,” jelas gunawan. “mhm..baiklah” kata Yolanda dengan tersenyum dan berkata dalam hati.. “mimpi apa ya aku tadi malam, kok pageran baik ini, mau minjam buku saya., wah kayaknya hari ini hari yang paling menyenangkan.” “yuk,” kata gunawan. Mereka pun berjalan keluar kampus dan pergi ke tempat foto copy yang gak jauh dari kampus mereka.

Setibanya di tempat foto copy gunawan pun mulai menyodorkan buku yang akan di foto copy gunawan berkata “mas tolong foto copykan halaman ini” si foto copy “mhm.. hanya yang ini mas” “ya, nanti sampai halaman 25 aja, cz hanya itu yang saya perlukan” kata gunawan. Berapa rangkap” kata si foto copy, “satu rangkap aja”jelas gunawan.

Melihat Yolanda diam gunawan pun menegurnya “hai kamu gak apa-apakan?” Tanya gunawan..”ah..mhm.. gak apa-apa kok hanya dikit haus aja” kata Yolanda mencari alasan, agar gak ketahuan kalau dari tadi sebenarnya ia sedang mengamati dan menikmati ketanpanan gunawan. “oh kamu haus,? Mau minum apa?, nanti saya belikan..”kata gunawan. “Mhm gak usah,” kata Yolanda, “ah gak apa-apa kok, mau minum teh botol gak?” Tanya gunawan. “mhm.... boleh lah” jawab Yolanda pasrah.

“ini mas foto copynya” kata si foto copy. “berapa semuanya” Tanya gunawan.. “mhm..semuanya 5 ribu aja” kata si foto copy.. “ini uangnya,” kata gunawan, “wah, kayaknya gak ada kembalian, cz masih pagi nih” jelas si foto.. “mhm sekalian bayar minum tadi dan kembaliannya buat kamu aja” kata gunawan sambil tersenyum bijak. “makasih ya, mas, sering-sering aja yam as” kata si foto, sambil tersenyum.

“kamu baik juga, ya...?” kata Yolanda memuji. “Mhm..gak juga kali..., biasa aja,” jelas gunawan sambil tersenyum. “eh kamu mau kemana abis ini..?”Tanya Yolanda. “saya mau balik dulu, mau ambil buku yang saya lupa di rumah tadi” jelas gunawan.. “kalau kamu mau kemana..?”Tanya gunawan balik. “mhm.. mau balik ke raungan dulu.” Kata Yolanda. “oke kayaknya kita pisah disini, makasih ya.., udah mau pinjamkan buku mu untuk saya,” kata gunawan. “sama-sama,,, senang kok bisa bantu kamu..” kata Yolanda sambil ternsenyum..

“arif kamu, belum balik,”kata bos cafe “mhm,, dikit lagi bos,” kata arif “oke deh kalau ngitu, saya balik duluan, tolong nanti jangan lupa kunci pintunya” jelas bos. “baik bos, hati-hati di jalan bos” kata arif. Setelah bos cafe pergi, ia pun mulai memberaskan barang-barang yang akan dia bawa pulang. Ia pun menutup pintu, cafe dan berjalan menuju parkiran tempat ia memakirkan motornya.. saat ia akan menjalankan motornya tiba-tiba ia melihat sebuah botol tegantung di gantungan motornya, dalam botol itu, terdapat sebuah ketas. Saat ia melihat botol itu, ia melihat kiri dan kanannya, “mhm,..botol apaan ya?,,” kok ada kertas didalamnya!, apa ya isinya....mhm....” ia pun membuka botol tersebut, dan membuka kertas yang ada di dalam botol tadi. Saat ia buka ternyata kertas itu berisi puisi,

“Mungkin aku hanya sebatas angin yang berhembus

Membawa semua serbuk sari hingga mampu berkembang menjadi bunga

Kadang ku tak mampu melihat cahaya dari langit

Karena silaunya membuatku tak nampak walau berada di kerumunan orang

Semakin dalam sekejam kau bisa melihat ku, tapi setelah itu aku akan menghilang

Sejauh ini, keharuman tutur kata mu, melekat di ingatanku

Menjawab semua masalah yang ku hadapi

Janganlah kau berubah, sebab jalan yang kau tempuh telah lulus

Saat kau lupa atau lalai, ingatlah Allah,

Ku senang menjadi bagian dari dirimu yang tak Nampak

Bukan ku takut, atau tak mau, hanya saja, kau seperti pageran yang berkuda

Tersenyumlah, karena itu akan membawa semua dunia indah dihadapanmu

Jangan pernah marah atau sinis, itu bukan bagian darimu

Cobalah kau menjadi hujan, yang akan menumbuhkan semua tanaman di bumi ini,

Kau akan selalu di hatiku seperti mata, dan tangan ku

Tak akan tergantikan dengan yang lain....”

BY art... 21/1/10.

“Waw... keren baget, sapa sih..? yang tulis”kata arif,.. “mhm...” ia pun menyalakan motornya dan pergi, setibanya di rumah botol tadi ia gantung di dinding kamarnya... “kayaknya bagus juga kalau dipajang di dinding,..heee heheee” kata arif sambil tertawa...

Keesokan harinya arif mampir dulu ke kantor redaksinya melaporkan hasil penyelidikannya beberapa hari ini, “ass.wr.wb... ngimana kabarnya semua..” sapa arif pada semua wartawan gr yang ada di ruangan redaksi.... kata seorang temannya arif kamu di cari sama bos redaksi tuh..?” “makasih bro..., atas infonya” saya kesana dulu.” Kata arif.. ia pun pergi keruangan pimpinan, “ass, “ kata arif, “masuk”kata bos, ngimana? Hasilnya?” Tanya bos, dikit lagi bos belum ada tanda-tanda dapat info,,” jelas arif.. “oke tolg kalau bisa sebelum minggu ini kamu harus udah dapat tulisan untuk edisi minggu ini,” jelas bos.. “oke bos, oh ia bos boleh saya terbitkan puisi ini gak” Tanya arif, sambil menyodorkan puisi yang kemarin ia temukan di dalam botol...” bos berkata “mhm... coba aku lihat dulu, kalau bagus kenapa engak,,” jelas bos..”emangnya kmu dapat dari mana puisi ini” Tanya bos,.. “tadi malam sebelum saya pulang ada yang taruh di gantungan motor saya” jelasnya.. “mhm,,,,ngitu.., kayak boleh juga, puisinya antic,,, oke, minggu ini akan saya terbitkan” kata bos “makasih bos” kata arif sambil menjabat tangan bosnya, “saya balik dulu ke cafe, lanjutkan penyelidikannya”jelas arif “oke, semoga sukses” kata bos.

Mol tempat pusat pembelajaan dekat laut, dengan pemandangan yang asik.. disana ada Yolanda yang sedang mencari baju “misi mbak boleh tahu baju ini berapa harganya?” kata Yolanda, “mhm yang ini 60 ribu,”kata penjual. “boleh kurang gak?” Tanya Yolanda “boleh” jawab penjual, “kalau 50 bisa gak” Tanya Yolanda, “tambahkan 5 ribu aja deh” kata penjual, “50 aja deh” jawab Yolanda menawar. “oke deh, mau yang ini aja,,?” Tanya penjual, “ia mbak yang ini aja,”jawab Yolanda. “kamasih ya mbak”kata Yolanda sambil pergi. Saat ia keluar dari toko itu ia tak sengaja di sapa oleh seorang cowok. “hai,...! beli apa nih,,?”Tanya gunawan. “anu, beli baju...”kata Yolanda sedikit kaget saat melihat gunawan yang ada di depannya. “mhm.. ngitu, udah lama disini,..?”Tanya gunawan. “belum kok, hanya udah 1 jam” kata Yolanda sambil tersenyum..”wah lama juga ya, belum pulang,...?” tanya gunawan...”nih lagi kedepan mau cari ojek” kata Yolanda. “ngimana kalau saya antar aja” tawar gunawan “gak usah ah..., entar merepotkan lagi,” kata Yolanda. “ah biasa aja, kali, gak apa-apa.” Jawab gunawan.. “entar ada yang marah lagi, kan gak lucu kalau gara-gara kamu antar saya ada yang cemburu...?”kata Yolanda sambil tersenyum. “mhm pacar saya..?, dia gak akan marah kok, dia orangnya gak cemburuan kayak saya” kata gunawan. “benaran gak bakalan marah sama pacar kamu..?”kata Yolanda “gak kok nyantai aja” jawab gunawan. “baiklah kalau ngitu..!”kata Yolanda “oh ia rumah kamu dimana.? Tanya gunawan, “di jalan baru.” Jawab Yolanda. Mereka pun pergi ketempat parkiran tempat gunawan memakirkan motornya..bersambung....edisi berikut...


Nasehat..

"Kemanapun engkau pergi, sebaiknya izinlah dulu dengan orang Tua, karena itu akan memberikan kebaikan bagi setiap pelakunya"... (harry, 30/12/10)


"Jangan pernah melakukan sesuatu bila sesuatu itu belum pasti manfaatnya, karena itu akan membuat kita menyesal dikemudian hari" (harry, 30/12/10)


"Buatlah cerita cinta mu tanpa adanya dunia seks di dalamnya, Karena itu akan memberikan kamu kesempatan untuk mendapatkan cinta sejati mu" (harry, 30/12/10)


Puisi

aKU ADA disampingmu...

Terkadang kita hanya mencari orang lain yang tak tahu dimana keberadaannya,
seperti awan putih yang ada diantara langit dan bumi.
kita selalu mempermainkan diri kita sendiri dengan hal bodoh yang ada di depan mata
tapi sebenarnya apa pun yang kita cari, sudah ada di samping kita terkadang kita baru sadar,
saat ia tak ada, dan pergi.

buatlah titik dari ribuan titik di pelupuk bintang-bintang.
kenanglah apa yang pantas untuk dikenang.
buang semua rasa curiga dari pikiran yang tak pernah benar
percaya dan yakinlah bahwa sang Pencipta tahu apa yang terbaik untuk kita...(harry, 30/12/10)

Ku ada untuk mu

rasa sakit terkadang membawa kita ke masa lalu
menghadirkan apa yang kita inginkan.
namun itu tak cukup untuk bisa mengobati rasa sakit yang pernah ada
menghindar dari taktir itu akan jauh dari dihayah

tapi menghadiahkan hati dengan penemuan kelopak bunga
akan memberikan obat kesembuhan yang tak kala duanya dengan yang lain seperti dokter

cukuplah hujan sepanjang tahun ini, sebagai karunia
untuk menemukannya, oh,,,, Tuhan
jagan biarkan dia pergi lagi.
saya sudah capek mencarinya selama ini

kecupan terakhir akan menjadi saksi ada cinta di hati ku untuk mu selamanya....
(harry, 30/12/10)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar