Home

Minggu, 27 Desember 2015

Akhir tahun 2015 *Arrahman dan Arrohim*

 *Arrahman  dan Arrohim*



Assalamulaikum, wr. wb.
Hai para pembaca yang budiman, beribu kali saya hanturkan maaf karena baru saat ini dan di tahun ini saya sempat untuk membuka blog saya dan menulis lagi, untuk kali ini, dan di akhir tahun ini, saya mau ucapkan dulu selamat ulang tahun kepada Irawati Windani pada tanggal 19 Desember 2015, maaf karena tidak bisa memberikan kado terindah untuk mu.
Oh ia pada kesempatan ini juga saya ucapkan banyak terima kasih kepada seorang gadis yang telah membuka hatinya untuk Allah SWT. terima kasih juga telah memberikan saya kesempatan untuk masuk dalam kehidupan mu. pembahasan kita kali ini saya ingin teman - teman tahu apa makna terkandung dalam Arrahman dan Arrohim, untuk teman - teman yang beragama islam pasti sudah tahu apa itu,..
Ya benar kata ini akan kita dengar ketika kita akan membaca sebuah surat dalam Al-quraan. mungkin ada sebagian orang menggap bahwa bismillah itu hanya sebuah awal bacaan saja, atau mungkin hanya sekedar kata pengantar saja, tapi kalau kita kaji lebih dalam lagi Arrahaman dan Arrohim itu mengadung makna yang dalam pada diri kita manusia.
Mau tahu apa itu...?
Arrahman adalah sifat Allah SWT yaitu Maha Memberi, dimana sang pencipta akan selalu memberikan kita riski yang baik setiap detik dan setiap hari kita menjalani hidup kita ini. oleh sebab itu kita sebagai manusia tak perlu lagi, meragukan sang pencipta untuk mengingkari bahwa Dia tak pernah memberikan apa - apa untuk kita. pada hal semua hal telah dia berikan dari yang kita inginkan sampai yang tidak kita inginkan, karena Allah SWT lebih tahu apa yang terbaik untuk kita, bukan diri kita sendiri. Hanya karena sifat dasar manusia yang selalu lalai, maka terkadang kita melupakan hal itu.
Suka atau pun tidak, mau atau pun tidak mau, dalam diri kita pun ada sifat itu, sifat ingin memberi kepada orang lain apa lagi orang yang kita sayang. tidak bisa kita ingkari, banyak kita temukan banyak dari kita karena jatuh cinta pada seseorang kita akan berusaha agar orang yang kita sukai bisa juga suka dengan kita, ya .. biasanya kita akan berikan apa pun yang dia mau. benar kan kata  saya.... hehhe
Tak usah kuatir itu pun baik, tapi alangkah lebih baiknya lagi jika kita ingin memberikan sesuatu itu karena Allah, itu akan jauh lebih baik dari apa pun.
Arrohim adlaah sifat Allah SWT yaitu Maha Penyayang. dimana sang pencipta akan selalu memberikan kelebihan kepada orang - orang yang dia sayang lebih dari pada orang lain. dimana karena orang yang di sang oleh sang pencipta selalu melakukan apa yang di inginkan oleh sang pencipta, makanya Dia selalu memberikan kelebihan pada orang - orang yang Dia sayang.
contoh sederhana para nabi, para wali Allah dibumi, orang - orang yang beriman, dan orang - orang yang berilmu. dimana bila kita termasuk dari pada mereka maka kita termasuk orang - orang yang disayang sang pencipta.
Beda antara orang yang hanya diberi dari pada orang yang disayang. kalau yang diberi biasanya sang pencipta hanya memberikan saja, tapi belum tentu di sang oleh nya, tapi kalau kita termasuk yang disayang maka kita akan jauh lebih berharga dari apapun yang ada di bumi.
pada diri manusia itu pun ada sifat penyayang, oleh sebab itu timbulnya cinta dan kasih sayang antara sesamanya. namun terkadang kita selalu salah melakukan sifat panyayang itu pada orang lain. terkadang karena sifat itu, membuat diri kita sendiri tersakiti.
dalam Ilmu penyayang, disaat kita menyangi seseorang , orang itu tidak bisa membuat kita tersakiti. kenapa ya karena bila kita memberikan kasih sayang pada seseorang , orang itu tidak akan bisa membalasnya dengan menyakiti, karena itu udah hukum alam, kebaikan dibalas dengan kebaikan dan keburukan dibalas dengan keburukan. jadi jangan salah dalam melangkah ya....
Nah yang paling baik ketika kita ingin menyangi seseorang itu harus diniatkan dulu bahwa sayang kita karena Allah Ta'ala. dengan begitu rasa sayang kita pada orang itu tidak akan bisa menyakiti kita, karena diselang  antara sayang nya kita pada mereka ada penghubung yaitu Allah SWT.

Jadi bagaimana para pembaca yang budiman, semogo kajian singkat ini, memberikan kita manfaat baik di dunia mau pun di akhirat. amin... amin ya... robal alamin.....
akhir kata wasalamulaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar