Home

Senin, 31 Januari 2011

Edisi 21 Sakit

From Redaksi

Sakit yang bahagia

Ass. Wr.wb. hai pembaca yang budiman dimana kalian berada, pada awal tahun ini, kami akan memberikan sebuah kajian yang sangat berbeda bagi para pembaca, dimana dari judulnya saja akan membuat para pembaca merasa aneh, atau sejenisnya, yang pasti banyak akan timbul akibat judul kali ini, apa ada ya, sakit yang bahagia..?

Nah, pertanyaan seperti ini sering sekali muncul bagi setiap orang yang pertama kali melihat judul, sebenarnya setiap apa yang diciptakan Allah SWT kepada manusia tidak ada yang sia-sia, atau terbuang begitu saja, sama halnya dengan sakit, entah itu sakit yang seperti fisik, atau sakit mental pada dasarnya semua yang membuat rasa sakit itu ada kandungan yang ingin Allah jelaskan kepada kita manusia.

Sakit yang sering kita alami pada dasarnya akibat dari pada kesalahan dan dosa yang sering kali kita lakukan, seperti kanker dasarnya ia bermula saat kita dengki dan jengkel dengan orang lain, apa lagi keluarga dekat kita seperti ayah, ibu, saudara-saudara kita. Bila kita lebih cendung untuk menikmati rasa sakit yang kita derita dengan sedikit lebih sabar, dan iklas, dan yang paling utama kita sadar bahwa kita sakit itu karena perbuatan kita sendiri dan kita harus memaafkan atau menghilangkan rasa dengki dan jengkel pada orang lain. Maka penyakit seberat apa pun itu akan Allah hilangkan dari tubuh kita.

Sakit lainnya yang sering kita alami, demam, sakit kepala, sakit perut, sakit pingang, sakit kaki dan lain sebagainya, itu semua tak terlepas karena kita sering egois, mau menang sendiri, selalu dengki , dan iri kepada orang lain dengan hal yang sepele. Oleh karena itu kita sebagai manusia harus lebih sering sadar, bahwa kita itu lahir tak membawa apa-apa dan kita akan tetap kembali kepada Allah, semua yang kita miliki, apa yang kita rasakan itu semua datangnya dari Allah, yang terpenting kita harus yakin bahwa Allah selalu, mengampuni dosa hamba-hambanya, selalu ada untuk hambaNya, selalu mengabulkan apa yang di inginkan oleh Hambanya.

Nah, bagaimana, sakit itukan bahagia, bila dengan sakit itu kita bisa menikmati rasa sakit itu, degan sakit kita jadi sadar bahwa kita pernah melakukan kesalahan, dengan sakit juga kita akan berusaha lebih keras agar dekat dengan sang pencipta.

Demikian untuk kali ini, semoga bagi pembaca yang sedang sakit sekarang bisa lekas sembuh, tiada obat yang lebih baik bila Allah telah memaafkan dan mengampuni dosa kita karena kesalahan dan dosa kita.

Akhirnya saya ucapkan terima kasih, selama memasuki tahun 2011, jangan pernah menyerah atau putus asa,

Wasalam mulaikum. Wr.wb.

Berita Utama

Seorang siswa terancam

Baubau, akibat sex bebas, dan masih berstatus sekolah seorang siswa SMA terancam di keluarkan dari sekolah, hal ini disebabkan karena siswa tersebut melakukan aborsi, dan di ketahui pihak sekolah, hal seperti ini sebenarnya bukan sekali dua kali terjadi di kota baubau, tapi sedah yang seribu kalinya, bila kita melihat dari sisi yang jelek, maka kita akan berfikir kenapa itu harus terjadi, tapi bila kita melihat dari posisi yang positif, hal ini haruslah kita jadikan pelajaran bagi para remaja putri yang cantik dan baik hati, bila memang telah melakukan sex di luar nikah, maka harus berani menangung resikonya, tidak perlu sampai aborsi segala, yang penting bagaimana kita menyelesaikan masalah itu secara keleluargaan dan tak merugikan semua pihak, sex adalah hal setiap manusia, terlepas dari dasar suka-sama suka atau terpaksa, yang pasti itu adalah naluri manusia.

Aborsi itu melakukan hal yang dapat merugikan orang lain dan diri kita, sedangkan Allah sangat tidak suka hambanya menyakiti dirinya sendiri dan orang lain. Saat ditemui salah seorang teman siswa SMA arif mengatakan, “kasihan sih, sama ceweknya, tapi mau buat apa hal yang enak, dan nikmat, walaupun melangar aturan tuhan” jelasnya. Dia pun menambahkan “ dari pada di keluarkan lebih baik di pindahkan saja, atau lebih bijak lagi jangan di keluarkan itu akan menjadi hal posisif karena dia akan mejadi duta kebaikan, bahwa bagi siswa-siswa putri jangan melakukan hal seperti dirinya.

“kita sekolahkan untuk diberikan pengetahuan agar lebih bijak dalam mengambil keputusan menghadapi masalah, bukan lari dari masalah itu”28/1/11. (harry)

Banyak siswa sma dimalam hari

Bagi siswa sma malam hari adalah hal yang menyenangkan apalagi malam minggu, tahukan apa yang akan dilakukan para siswa, ya, pacaran, tapi sayangnya pacaran sakarang beda dengan pacaran zaman dahulu, kalau dulu cowoknya dantang ke rumah cewek kenalan dengan ortu cewek, gobrol dengan cewek di rumahnya saja, tapi kalau sekarang pacaranya lebih suka jalan, cari tempat yang redup-redup atau gelap sekalian, tahu... apa yang di lakukan... ya.. seperti yang telah di pikirkan,,, ini, dan itu,.... untuk kota baubau, di perkirakan siswa smanya yang sudah tidak perawan lagi sekitar 90%, dari 50 gadis yang ditemui oleh tim GR, untuk dijadikan ujicoba, hampir 40 siswa sma pernah ciuman dan melakukan sex, sisanya hanya ciuman dan tidak pernah.

Saat ditemui salah seorang siswa yang sudah pacaran mengatakan, “kalau saya jalan dengan pacar saya malam minggu, pasti kita ciuman dan sex” katanya singkat. Ia pun menambahkan jarang main kerumahnya, paling sering keluar janjinya sama ortu cewek hanya ke kamali, atau kolema, tapi ujung-ujungnya, kepantai, palagimata, keraton, dan lainya. 29/1/11. (harry)

Cerpen

TUlisan HatI

Tak jauh dari tempat Yolanda membeli baju ada zhora dan fatih sedang membeli sepatu. “zhora lihat yang ini” kata fatih. “mhm.. boleh juga, keren kayaknya..coba saya pakai..?” kata zhora “wah.. bagus tuh...!,gimana..?”Tanya fatih “kayaknya terlalu sempit”jawab zhora. “Coba lihat yang lain dulu”kata fatih. “Kayaknya udah dari tadi disini belum ketemu yang memikat dihati”kata Zhora “ya udah kita ketempat lain lagi,”kata fatih.. “makasih ya mbak, permisi dulu,”kata fatih pada penjaga toko “ia, makasih juga udah mau berkunjung ke toko kami” kata penjaga toko sambil tersenyum. Fatin dan zhora pun keluar dari toko itu dan pergi ke toko yang lain. Saat berjalan mereka melewati rathi dan yesi yang sedang membeli minuman dan menunggu ojek untuk pulang. Yesi bertanya pada rathi “mau minum yang mana nih..?” “mhm,..yang segar-segar aja, aquanya” jawab rathi. “bu aquanya dua botol” kata yesi. “5 ribu semuanya” kata ibu penjual. Mereka berdua pun duduk dan minum aqua yang mereka beli sambil menunggu ojek yang sedang lewat..”wah panas juga di sini..?”kata rathi. “ya ngitu deh” jawab yesi. Tak lama kemudian mereka pun memangil ojek “ojek sampai kilo 5 berapa..?” Tanya rathi “5 ribu dek” kata tukang ojek. “oke deh”kata rathi.

Arif baru aja selesai sholat dhuhur, tak sengaja ia melihat lagi cewek yang waktu itu. Namun tak sepenuhnya ia melihat wajah cewek itu. “masya Allah cantiknya tuh cewek” kata arif dalam hati. Setiap ia ingin mendekati cewek itu ia selalu sudah jauh dari pandangannya. Saat arif ingin menaiki motornya ia melihat sebotol kosong minuman yang di dalamnya sepuncuk surat. Saat ia melihat kekanan dan kekiri ia pun mulai membuka dan membaca isi dari kertas yang tergulung dalam botol tersebut.

“sepanjang kaki ini melangkah, ku terjebak dari indahnya bunga-bunga,

Membawa semua yang hidup ingin tetap tingal, namun itu tak bisa

Ku harus melanjutkan perjalanan ini, ku berharap suatu waktu nanti

Aku akan kembali ke tempat ini, dan menatapnya hingga puas.

Kadang ku coba membohongi diri sendiri, kadang juga ku ingin menutup mata ini

Agar semua berlalu dengan cepat. Namun tak bisa, ini nyata, tak ada rekayasa di dalamnya

Semakin ku menutupinya, ia semakin mendekat dan tersenyum.

Ku jadi serba salah, apakah harus ku sapa, atau ku diamkan saja.

Kadang kita selalu merasa semua ini, tak Nampak. Tapi aku yakin bila saatnya tiba

Semua akan terungkap, bagai tabir-tabir di langit biru, yang akan menampakkan indahnya

Janji setia telah ku ucapkan, tak dapat ku tarik kembali

Cinta kadang menjadi pelakunya serba salah, semakin ku melihat dirimu

Semakin membuat senyum di wajahku tampak jelas

Hingga ku tak mampu menutupinya. Oh tuhan jagan biarkan ini berlalu

Karena rasa sayang dan kasih kau hadirkan sebagai tanda kebesaranMu.

Wahai orang asin, andaikan aku ingin mengenal diri mu, sapakah namamu?

Mengapa kau mampu mencuri hatiku yang telah ku kunci dengan kesetiaan

Apa yang sebenarnya kau harapkan dari ku, aku hanya manusia biasa yang tak lebih darimu

Ku mohon jangan memperjelas dirimu. Aku takut nanti akan jatuh cinta pada mu.

By art 23/1/10

“waw, siapa sih, pujanga ini”kata arif. Ia pun mulai mengtrakter motornya dan pergi dari pakiran masjid kembali ke cafe tempat ia menyelelidiki para cewek-cewek yang senang menceritakan cowok yang mereka kagumi.

Saat sore hari datang arif pun, mencoba untuk berjalan-jalan di alun-alun kota. Biasanya di sana banyak terdapat para muda mudi yang sedang berjalan-jalan sambil cuci mata, kata mereka. Setibanya di alun-alun kota itu arif pun mulai memandangi semua orang yang ada disana. Ia pun mulai mengelilingi melihat-lihat yang ia suka, mulai melihat para pedangan yang mejual mainan, gantungan hp, sampai penjual buku. Dari semua pedangan ia kadang lama pada penjual buku. Karena disitu ia selalu berhenti dan mencari beberapa judul buku yang bisa memikat hatinya untuk dilihat, tapi gak dibeli... saat ia duduk cewek yang sering baget dia dapati dimasjid setelah selesai sholat melewati belakangnya tanpa ia sadari.,... setelah beberapa lama ia duduk dan mencari-cari buku ia pun berdiri, saat ia ingin pergi ia melihat cewek itu saat ia ingin mengejar cewek itu udah pergi jauh. “waduh...mhm,,,,, pengen baget tahu sapa tuh cewek..?” kata arif dalam hati dengan sedikit lesu. Ya udah.. ia pun mulai melihat –lihat yang lain. Setelah berapa lama ia berada di alun-alun kota ia pun beranjak pergi dari tempat itu. Saat ia hendak membunyikan motornya ia temukan juga sebuah botol kosong yang dalamnya terdapat sebuah kertas. Ia pun kembali membuka dan melihat apa isi kertas itu..

“hai... hari ini ku berikan kamu dua buah botol kosong

Sebenarnya ku ingin memberitahu kalau ada sebuah kisah.

Seorang putri dari negeri seberang sedang menghadapi dilema, ia hanya ingin mencari tahu

Apa jawaban dari semua mimpi-mimpi yang beberapa hari ini ia alami, saat ia tidur.

Mimpi pertama ia melintasi sebuah jembatan yang sangat panjang,

saat ia melewati jembatan itu ada suara yang bertanya padanya

“mengapa kau melewati jembatan ini,..? kata sang putri “ia hanya senang melewati jembatan ini.

karena saat ia melewatinya, ia bisa melihat keindahan sungai yang ada di bawahnya

saat mimpi kedua sang putri mulai dipertemukan dengan taman bunga, ia sangat senang namun ia tak mampu berlama-lama di tempat itu,

saat mimpinya yang ketiga ia mulai melewati kerumuman orang, namun ia seperti batu yang ditegah jalan. Setiap yang ia sapa tak membalas sapaannya.

Wahai pangeran hati apa yang akan kau lakukan saat kau bertemu dengan sang putri ini..?

By art 23/1/10

Arif pun semakin penasaran siapakah yang selalu mengirimkan surat-surat dengan bahasa yang sangat dalam maknanya..,.. “masya Allah sapa sih yang benar-benar mampu mengungkap kata-kata ini begitu mengagumkan” kata arif.. hal ini menjadi sesuatu yang sedikit ia kesal namun ia suka.. “siapapun yang mengirim surat ini suatu saat pasti akan bertemu dengannya., semoga Allah selalu memberikan yang terbaik untuk kita semua” doanya dalam hati pada sang penulis surat ini.

Sore pun berlalu dengan azan magrib, setelah selesai isha Yolanda pun meluncur ke cafe, karena ada tugas kuliah yang harus ia cari dengan internet. Ia pun duduk di sudut sebelah kanan pintu masuk kafe tersebut. Jelang beberapa menit zhora pun masuk ke cafe tersebu. Beberapa saat kemudian ia menelpon fatih temannya, “hallo, assalamulaikum, lagi dimana nih..?, Tanya zhora sedikit kesal, “hallo, walaikum salam, nih lagi dijalan, dikit lagi mungkin udah sampai disitu,” jawab fatih dengan sedikit centil karena ia tahu kalau temannya sedang marah. “ya udah, cepat dikit, kamu bawakan leptopmu...?” Tanya zhora cemas, “ia, saya bawa kok, santai aja bu,, kali ini saya gak bakalan lupa..”kata fatih dengan nada bercanda. “oke deh, saya tunggu, cepatan.., ass.wr.br. ”kata zhora mengahiri telponnya dan duduk di bagian meja di tegah-tengah cafe tersebut, “mas,,,”pangil zhora pada pelayan cafe,... “bagaimana mbak ada yang bisa kami, bantu..? Tanya pelayan. “oh ia saya pesan jusnya 2 ya” jelas zhora. “baik mbak, tunggu sebentar... akan kami ambilkan pesanan mbak.” kata pelayan dengan nada ramah.

Tak lama kemudian fatih pun datang, bersama leptop yang ada di dalam tasnya.. “hai bu...!, kenapa cemberut, kayak bebek aja, nih leptopnya,..” kata fatih sambil mengoda zhora yang dari tadi datang,.. sebenarnya mereka janjian jam 20.00 wita, berhubung fatih lagi makan jadi ia agak terlambat dikit. “ya udah, keluarin tuh leptop” kata zhora sambil mengambil tas yang sedang dipakai fatih. “ia, bu.... sabar dikit..” kata fatih sambil melepaskan tasnya dan memberikan tasnya pada zhora.

Disebelah sudut mereka Yolanda sedang sibuk mencari di google, tentang tugas yang ia cari, “aduh.... mana sih..ini, kok semua yang saya buka gak ada yang beres” keluh Yolanda sendirian.. tak lama datang arif pelayan cafe, “maaf menggu mbak, kayaknya dari tadi mbak sedang kesal, bagaimana mbak, ada yang bisa saya bantu..?”Tanya arif yang menghampir Yolanda yang sedang kesal, karena ia, tak menemukan tugas yang akan dia cari.. “oh ia, mas tolong dulu buatin saya teh dingin,” kata Yolanda dengan nada sedikit lesuh... “baik mbak, tunggu bentar,, ya.. akan kami ambilkan..” kata arif sopan. Beberapa menit kemudian arif pun datang dengan membawa teh botol dingin yang dipesan Yolanda..,”ini mbak teh botolnya, ada lagi yang bisa kami bantu,.”Tanya arif dengan menawarkan diri untuk membantu,. “oh ia mas, bisa bantuin saya cari tentang peran politik di masyarakat” kata Yolanda sambil menyodorkan leptopnya pada arif... “coba saya lihat,,, mhm,,,,”kata arif, ia pun mulai membantu Yolanda mencari tugas yang telah disebutkan Yolanda tadi,.. “ia pun mulai mengetik, peran politik di masyarakat berdasarkan para ahli politik,.. tak lama kemudian muncul berbagai bloger, dan wep yang menyajikan pandangannya tentang peran politik di masyarakat...”nah ini mungkin yang mbak butuhkan” kata arif dengan tersenyum. .. “coba saya lihat,..”kata Yolanda sambil memutarkan leptop kearahnya agar ia dapat melihat hasil yang dicari arif. “oh ia, ini yang saya, cari.., terima kasih ya, udah mau membantu, maaf juga udah merepotkan mas” kata Yolanda dengan ramah. “ah, biasa aja mbak., kalau ngitu saya permisi dulu, kalau perlu bantuan silahkan pangil saya lagi..” kata arif dengan tersenyum ramah. Ia pun pergi meningalkan Yolanda. Dan kembali ketempat pelayan cafe itu mangkal.

Suasana cafe itu begitu hangat dengan berdatangannya para muda mudi yang mangkal dan bercerita tentang banyak hal, bila para gadis-gadis campus yang datang selalu mencerita tentang cowok-cowok yang sangat mereka kagumi, bahkan apa saja yang mereka lalakukan di kampus selalu mereka amati, dari cara mereka belajar, bertutur sapa.bahkan saat mereka menyapa para gadis kampus itu.

Hujan turun begitu lebat membawa semua jalanan menjadi sunyi, kampus pun sunyi dengan ketidak hadiran mahasiswa yang malas datang kekampus saat hujan. Dosen-dosen di kampus itu pun tidak semuanya hadir, hanya sebagian saja. Namun itu tak membuat Yolanda tak masuk kampus, bila tak ada dosen Yolanda selalu menyempatkan diri untuk pergi keperpustakaan. Disana ia senang membaca buku-buku, kadang buku-buku yang tembalnya hampir 3cm. Tak lama kemudian datanglah rahti dan duduk dihadapannya. Tak lama kemudian zhora pun datang dan duduk disamping rahti, untuk tak lama kemudian datang seorang cowok yang sangat dikagumi zhora... “wah tuh cowok kenapa sih selalu membuat hatiq berdebar-debar”kata zhora sambil melihat cowok tersebut. Tak sengaja rathi pun melihat kearah cowok yang baru masuk tersebut. “mhm dia, orangnya baik kok siapa pun yang menatapnya selalu ia sapa dengan nada yang enak didengar” kata rathi sambil melihat buku yang ia baca, zhora pun menyapa rahti, “oh ia kamu ambil jurusan”Tanya zhora dengan menatap rathi. “saya ambil jurusan hukum,”jawabnya dengan mata masih membaca buku yang ada dihadapannya. “mhm ngitu, so kok kamu tahu ia orangnya baik” Tanya zhora “ya ialah diakan teman satu ruangan saya”jawab rahti sambil mengarah kezhora “oh ia dari tadi kamu Tanya tentang dia terus, emangnya kamu suka ya, sama dia,” Tanya rathi penasaran. “mhm ngimana ya, sebenarnya suka sih, hanya saja dia udah punya pacar jadi saya hanya bisa kagum aja sama dia”kata zhora pasrah. “hai kalian gak usah terlalu keras bicaranya, nanti dimarah sama pejaga perpus”saran Yolanda yang ada di hadapan rahti dan zhora. “mhm, gak apa kok, paling di kasih keluar, yang penting gak dilempar pakai buku, hehe...he..”kata zhora sambil tertwa, “eh kalau kamu jurusan apa”Tanya zhora pada Yolanda. “kalau sya ambil kesehatan lingkungan”katanya dengan nada pelan, agar tak terdengan sama penjaga perpus. “Eh kayaknya gak lucu kalau kita gak kenalan, sapa tahu kita ketemu dijalan kita bertegur sapa..”kata zhora. “saya zhora,”tambah zhora sambil mengulurkan tangannya pada Yolanda. “saya Yolanda”jawab Yolanda santai, rathi pun gak mau kalah ia pun mengulurkan tangan dan menyebut namanya, “saya rathi”katanya sambil tersenyum. “oh ia jangan bilang kalau kalian hanya iseng aja masuk sini, karena gak ada banyak anak-anak yang masuk kampus,,”Tanya Yolanda. “mhm, kalau saya mungkin kayak ngitu, lihat aja buku yang saya bawa ini, gak nyampung baget sama jurusan saya, ya biar tahu juga perpus kita ini kayak ngimana, he,,,,he,,”katanya sambil tertawa. “Sebenarnya saya malas baget masuk sini, tapi dari pada gak ada yang dibuat” jelas Yolanda. “kalau saya, kebetulan ada tugas saya jadi, saya masuk sini deh” kata rahti menimpali, “mhm ngitu.”kata Yolanda dengan nada biasa-biasa aja.

“Oh ia entar nongkrong di cafe yuk”Tanya zhora menyarankan pada rahti dan Yolanda, “cefe dimana..?”Tanya Yolanda. “cafe magga dua, ngimana?” kata zhora semangat, “eh itukan tampat saya biasa nongkrong”kata Yolanda singkat, “eh itu juga tempat saya nongkrong” jawab rahti sambil terkejut. “Sama dong”kata meraka bersamaan, mereka pun tertawa namun langsung di tutup mulut mereka.

“wah tempat ini, indah baget, bila dijadikan tampat menjernikan pikiran” kata arif sambil menghelang nafasnya dalam-dalam menhirup udara sore itu di keraton, salah satu sudut dari bagunan tertua yang ada di dunia ini, tempat ini terkenal dengan nama benteng terluas di dunia, apa lagi lakau udah sore kadang banyak orang yang berkunjung ketempat itu untuk menikmati matahari terbenam, bila dilihat dari situ seakan dibawa ke dunia penuh keindahan..tak lama kemudian arif pun menoleh kejalan, tiba-tiba ia melihat cewek yang sering baget ia lihat dimasjid bila selesai sholat dhuhur,. “hai...!” tiba-tiba suaranya terhenti, “wah duh, udah jauh, kenapa sih dia lalu aja gak bisa aku pangil.” Kata arif dengan sedikit kesal. Saat arif ingin memangilnya cewek itu telah pergi dengan motornya. “mhm...., biaralah kalau nanti jodoh pasti ketemu lagi,”kata arif sambil tersenyum.. menjelang beberapa saat kemudian. Saat ia ingin pulang dari tempat itu, ia melihat ada sebuah botol tergantung, “wah, siapa sih, yang senang baget gantungin ini dimotorq” katanya sambil membuka tutup botol dan mengambil kertas yang ada di dalamnya.

“keindahan ala mini, selalu membawa kita pada mimpi indah. Seakan kita tak mau lepas darinya dengan menatapnya saja, kita merasa senang seakan dia berada bersama kita, mungkinkah rasa ini, akan tetap ada ataukah hanya bayangan yang semu saja.

Biarkanlah ku mencoba dan memahami makna ini, mungkin dari situ aku akan mendapatkan apa yang diinginkan oleh hatiku, semakin ku ingin mendekatimu, aku semakin tak sangupm membohongi diri ini, kalau ku kagum dengan mu, bisakah kau biarkan cinta dihatiku mengalir seperti air yang mengalir, tolong jangan biarkan semua ini terhenti.

Kusuka sapaan mu, ku suka senyummu, ku suka tatapan mata mu, ku suka kala kau bingung, ku suka saat kau jenuh. Kau begitu istimewa, sehingga mampu mengambil sebagian penglihatan hatiku. Kenapa kau datang saat hati ku ada tamu yang lain, kenapa kau menjalma menjadi pangeran dari cerita-cerita masa lalu, kenapa kalau berikan aku kesempatan untuk melihat mu.

Semakin kucoba menatapmu, semakin terasa bagai mimpi, seandainya lautan dapat ku pijak, maka akan ku persembahkan sebagai tanda rasa cinta ini pada mu. Sayang bunga-bunga sakura hanya terlihat indah saat musim semi datang, tapi percayalah bahwa dari sekian banyak orang yang ada di dunia ini, aku satu diantaranya yang akan tetap tersenyum saat kau tersenyum, sedih saat kau bersedih. Karena itu berjanjilah jangan pernah bersedih, ku tak akan rala, bila ada yang menyakitimu.

Bila kau mengharapkan bintang jatuh mala mini, percayalah bahwa ia akan jatuh karena ingin mengabulkan apa yang kau minta. Dari semua senjata yang pernah tercipta hanya pacah mata mu yang mampu menembus hingga ku tak bergerak sampai hari ini. Makasih atas kesempatan ini. Karena cinta mu ku tetap disini.

By.art 1/2/10

“hem.... sapa lagi sih ini, selalu bisa membuatku kagum dengan puisi-puisi indahnya” kata arif sambil tersenyum, kagum. Arif pun membunyikan motornya dan pergi meningalkan tempat itu.

Sesampainya di rumah arif pun merobohkan tubuhnya di tempat tidur untuk menghilangkan lelahnya seharian, tak sadar ia pun tertidur. Dalam tidurnya arif bermimpi “ia berjalan melewati sebuah kampong, tempat itu terasa familiar, saat itu ia berada di sebuah rumah, dalam rumah tersebut ia di datangi beberapa cewek cantik, yang entah mau apa mereka mendekati arif, namun dari semua cewek tersebut tidak ada satu pun yang dapat memikat hati arif, setelah arif tak memilih, arif pun keluar di jalan raya, untuk menhadiri sebuah acara pesta kampung, dalam acara tersebut banyak orang berpesta ria, mulai dari yang menari, makan, minum, hingga para anak-anak yang datang untuk melihat pesta kampung tersebut. Jelang beberapa saat kemudian pesta itu seolah menghilang dan datanglah seorang cewek cantik yang naik motor menghampiri arif. Saat itu arif merasa senang baget dekat dengan cewek tersebut, seolah cewek itu perna ia kenal, namun entah dimana. Arif hanya menikmati rasa senang dan bahagia yang sedang ia rasakan. Namun tiba-tiba arif pun terbangun dari tidurnya. Saat arif tersadar ia pun langsung berwudhu dan melaksanakan sholat.

Setelah selesai sholat arif pun berfikit “siapa cewek dalam mimpi saya tadi ya..?, seperti pernah saya kenal,”kata arif pada dirinya sendiri sambil memikirkan mimpi yang baru saja ia alami. Saat arif ingin keluar dari rumahnya tanpa tidak sengaja kunci pintunya patah, ia pun mengambil sebuah antena radio yang telah rusak dan mengutak atik tempat masuknya kunci berharap dapat terbuka, namun adik arif pun menetawakan arif. “ha,,,haaaa... wk..wk...”tawa andi adik arif, “kamu kok malah tertawa gak bantuin kak lagi usaha biar bisa keluar dari sini,” kata arif kesal, “ya kak, ngimana mau bantuin, kak bukanya pakai antena radio, lama – lama itu lemari pada ketawa gak mau kemuka, cz kak bukanya pakai itu,” kata andi sambil tersenyum ingin ketawa. “udah kamu diam aja,” kata arif, setelah 2 jam kemudian pintu yang ingin dibuka tak terbuka juga, andi tertawa melihat tingkah laku kaknya yang udah kehabisan akal untuk membuka pintu itu. “i...iiiiiii.....kesal baget nih.., lama-lama ini pintu saya gigit” kata arif dengan penuh emosi, “wk...wk...ha,,,,ha,,, kak,kak..., tunggu saya carikan obeng untuk di buka” kata andi sambil pergi ke gudang mencari obeng untuk diberikan pada kaknya, tak lama kemudian andi pun datang dan memberikan obeng itu pada kakaknya. “nih, obengnya, pakai ini aja.” Kata andi, “mhm... ia deh...”kata arif, tak lama kemudian pintu rumah yang patah kuncinya pun bisa arif buka, “mhm akhirnya bisa kebuka, juga” kata arif senang sambil tersenyum puas setelah 2 jam ia mengotak atik lemari tersebut. “makasih ya... adikq yang baik,” kata arif pada andi sambil mengacak-acak rambut andi.

Rathi yang baru aja pulang dari kampus, langsung memasuki kamarnya dan merabahkan tubuhnya untuk istirahat, tak beberapa menit ia pun tertidur, dan bermimpi, saat itu ia berada di cafe tempat ia nongkrong bareng teman-temannya, saat itu ia hanya sendiri, dan datanglah cowok yang ia kagumi, dan menawarkan rathi sebuah jus, “hai sendiri ya..?”kata cowok tersebut sambil tersenyum., rathi pun hanya tersenyum hingga tak mampu berkata-kata, “boleh saya duduk disini,,..?”kata cowok tersebut. “silahkan” kata rathi memperbahkan cowok tersebut duduk.. “nih jus yang kamu suka,...!” kata cowok tersebut. “makasih ya.. kamu kok tahu saya suka jus ini,..?” Tanya rathi “apa sih yang saya gak tahu tentang cewek secantik kamu..?” kata cowok tersebut. Setelah beberapa lama kemudian rathi pun terbangun, dan melihat jam di hpnya “astaqfirullah hal ajim, udah asar, saya sholat, sholat dulu,ah..” kata rahti sambil mengambil handuk dan menuju ke kamar mandi, setelah ia selesai mandi dan berwudhu rathi pun sholat sendiri di kamarnya.

Zhora yang saat itu masih sibuk di rumahnya untuk bersih-bersih rumah, karena semua keluarganya, sedang pergi bila sore hari datang. Namun hpnya gak pernah terlepas dari saku bajunya,. Suara anak kecil dengan bunyi... “kak cantik..... ada sms untuk kamu....”bunyi itu ia pakai untuk nada sms masuk di hpnya. Jelang beberapa menit ia menyapu ruang tamu ada sms masuk,... “kak cantik..... ada sms untuk kamu....3x ” ia pun membuka sms tersebut dan membacanya dalam hati, “cyg blh z telp skarng” bunyi pesan di hpnya. Zhora pun membalas sms tersebut, “jgn dl, cz z lg brsih-brsih rmh..?” jelas balasan sms untuk roni, pacar yang udah dia kenal 3 bulan lalu, tak lama kemudian bunyi juga “kak cantik..... ada sms untuk kamu....” “saat ia membuka ternyata radit cowok yang baru saya 3 minggu yang lalu dijadikan pacarnya. Zyang bleh aq tlp sekarang..?” bunyi sms yang masuk, sambil tersenyum zhora pun membalas sms tersenbut. “aduh, sorry gak bs cz lagi beres-beres rumah, maaf ya” bls zhora sambil tersenyum. Zhora pun menyelesaikan tugas membersihkan rumahnya tersebut.

Yolan yang dari tadi berada dikamarnya masih asik membaca buku yang baru saja ia pinjam dari perpustaan daerah, yang berada tak jauh dari kampusnya. “wah...asik juga nih cerita, saya gak nyangka bakalan akhirnya kayak ngini,!” kata yolan sambil membuka buku tersebut., 30 menit kemudian yolan pun tertidur dalam tidurnya ia bermimpi menjadi seputri yang sedang menunggu pangeran berkuda yang akan datang menghampirinya. Tak disangka beberapa menit kemudian seorang cowok pemberani menunggangi kuda menghampirinya. Dan berkata padanya “wahai putri Kristal yang cantik, bolehkah hamba menjadikan kamu sebagai permaisuriku,” kata pangeran tersebut sambil mengulurkan tangannya pada yolan yang menjadi putri Kristal. Tanpa banyak kata yolan hanya terkagum-kagum, dan menatap pageran tersebut dengan kebahagian, seolah ia tak ingin suasana itu berlalu. Tak berapa lama kemudian yolan tersadar dari mimpinya, ia berkata dalam hati “siapa pangeran tersebut seperti gak asing dalam ingatan ku..!” katanya sambil tersenyum puas karena mengalami kejadian yang sangat ia senanggi.

Hesti yang senang baget dengar music, selalu memberikan kesempatan untuk selalu ia menikmati lagu-lagu yang ia putar, saat ia sedang menjaga warung kecil milik ibunya, tak sengaja ia tertidur karena music yang diputar sangat ia sukai. Dalam tidurnya ia bermimpi berada di sebuah puncak yang sangat indah, dimana puncak tersebut dapat membuatnya melihat seluruh bagunan di kota yang ia tingali sekarang. Tak lama kemudian datang seorang cowok “bolehkah saya menemani kamu sambil menikmati pemandangan ini,” kata cowok tersebut sambil tersenyum pada hesti. Saat hesti menoleh kecowok tersebut, seakan menjadikannya tak percaya, bahwa cowok yang menyapanya saat ini, adalah cowok yang ia kagumi selama ini, “tak akan ada yang melarang kamu untuk menemani saya menikmati pemandangan ini” kata hesti sambil tersenyum puas, “terima kasih telah mengijinkan saya menemani kamu” kata cowok tersebut, “ sama-sama” kata hesti sambil memandangi cowok tersebut, sedangkan cowok tersebut sedang memandang jauh kedepan menikmati pengandangan yang ada di depannya. Sedangkan hesti memandangi cowok tersebut berharap moment ini gak berlalu dengan cepat, tiba-tiba hesti terbangun karena ada orang yang sedang melanja di kios yang sedang ia jaga, mbak...mbak...?kata pembeli, “mhm....muah...., maaf kenapa..?” Tanya hesti, saya beli gulanya 1 kilo. “tunggu ya bu, saya cuci muka dulu,” kata hesti, sambil pergi kebelakang untuk mencuci mukanya, setelah beberapa menit ia kembali kedepan, dan memberikan gula yang dibeli oleh seorang ibu yang sedang belanja di kiosnya. “nih gulanya,” kata hesti, “berapa mbak?”Tanya pembeli, “Rp. 9 ribu,” kata hesti, “nih, uangnya, makasih ya mbak,” kata pembeli, “sama-sama bu, “oh ia kalau jaga jangan sambil tidur nanti ada yang curi gula-gulanya,” kata pembeli itu, sambil tertawa.. “gak apa-apa bu, yang penting hanya gula-gula, jangan hpq,” kata hesti sambil tertawa...

Yolanda pun keluar dari kampus saat ia, ingin pergi meningalkan kampusnya datang rathi, “hai..., mau kemana..?” Tanya rathi, “saya mau pulang”kata yolan singkat, mau ikut saya gak..?” Tanya rahti, “kemana..?” Tanya yolan balik pada rathi, “kebetulan ada teman acara ulang tahun saya, mau kasih hadiah tapi gak tahu, mau kasih hadiah apa..?” katanya, “ngimana kalau kamu bantuin saya cariin hadiah buat teman saya itu” kata rathi pada Yolanda sambil memohon, “ngimana...?”Tanya rathi, “mhm.... boleh juga tuh..! dari pada di rumah gak ada yang dibuat” kata yolan, “so kita kemana nih..?” Tanya Yolanda, ngimana kalau kita ke mol aja, sapa tahu ada yang bagus disana..!” kata rathi, “oke”jawab yolan, “oh ia, tunggu dulu ya..?, saya telp kak ku, sapa tahu ia mau antar kita ke mol..” kata rathi menahan Yolanda untuk kedepan agar mereka dapat menghentikan angkutan umum yang sering mereka naiki.. rathi pun mencari no hp kakaknya dan menelponnya “hallo, ass.wr.wb.., kak bisa batuin saya gak..?” Tanya rathi pada kakaknya, “bantuin apa nih..?”Tanya kakak rathi di telpn. “ngini kebetulan ada teman saya yang ulang tahun., trus saya mau cariin hadiah buat dia, saya sama temanq mau ke mol, kakak anterin kami ya..?” jawab rathi sambil memohon, “pliss.....!” “oh... gitu, kenapa sih gak suruh ayam aja,ha....ha,.....” kata kakak rathi sambil tertawa, “ih,,,, kakak nih, dibilangin malah bercanda,” kata rahti sambil kesal, “entar saya bilangin mama...?” kata rathi mengancam, “ia...ia...!, kenapa sih senang banget gancam pakai nama mama,..?apa sih yang gak buat adikq yang cantik dan manis nih, tunggu aja dikit lagi baru kakak sampai di kampus kamu...?” kata kakak rathi,. “Jangan lama ya kak, makasih..” kata rahti sambil tersenyum senang,.

“eh kamu punya kakak juga ya..?” Tanya Yolanda, “ia saya punya kakak, orangnya suka banget bercanda, ya ngitu deh, seperti yang kamu lihat tadi, ia lalu mengerjain saya,” kata rahti, “oh.. ngitu,,.” Kata Yolanda sambil menganguk, tak lama kemudian mobil kecil berwarna merah berhenti pas di depan rathi dan Yolanda, “yuk naik, kakak hanya antar aja ya...!” kata kakak rahti, “ia kak, hanya antar aja” kata rathi tersenyum, “yuk naik,” kata rathi pada Yolanda, “mhm... gak apa nih,” Tanya Yolanda, “ya... gak apa-apa kok, kenapa takut dimakan sama kakakku,” Tanya rathi sambil tersenyum, “gak kok jangan sampai kakak mu gak suka kalau saya naiki mobilnya” kata Yolanda, “ ah.. saya emang gak suka kalau kamu naik trus teriak-teriak dalam mobilku, kayak orang gila, entar di kira saya bawa orang gila lagi.” Kata kakak rathi sambil tertawa, “ih... gak ngitunya juga kali..?” kata Yolanda sambil tersenyum sinis, “ya udah kalau kamu ladenin kakak ku gak bakalan kita sampai di mol” kata rahti sambil menyuruh Yolanda naik ke mobil kakaknya, “yuk” kata rathi, “oke deh..?”jawab Yolanda, beberapa saat kemudian mereka pun meningkalkan kampus tempat rathi kuliah,

Setelah ke luar dari ruang redaksi, arif pun pergi ke tempat parkiran motornya, lagi-lagi ia melihat ada sebuah botol tergantung di motornya, sesaat ia pun langsung membukanya, seperti biasa isinya tentang sebuah puisi.,,

Kemerahan saat mentari menutupi diri pada sore hari,

Menjadikan kenangan Tak berhenti bukan cahaya itu yang kurapkan

Tapi ia selalu datang, dari tiap-tiap mimpi pada tidurku

Adakah yang tersesat di hatiku sehingga ia tak dapat keluar dari dalamnya

lama kemudian datanglah seorang anak betanya pada rumput di pinringan jalan

adakah sebuah harapan untuk ku tetap disini menanti seseorang..?

datanglah hujan rintik-rintik, membawa sejuta saran padaku

cobalah untuk menulis di tiap lembaran kertas kosong

curahkan semua apa yang kau rasakan, itu akan menjadikan

rahasia hati mu, dan tak akan seorang manusia pun yang tahu

bacakanlah tulisan-tulisan itu dengan kerendahan hati kamu

saat kau tidur di malam hari, maka ia, akan datang dengan senyumanmu

ini bukan sebuah dongeng, atau sebuah kisah masa depan,

tapi ini hanya sebuah kata-kata yang terjabak dari hutan hati yang tak berarah

bisakah kamu memberikan sebuah petunjuk sehingga para penjelajah

hatiku tak tersesat, agar ia, dapat sampai pada tujuan awalnya

tolonglah diri ku, hanya kau yang bisa mengerti dan memberikan jawab

dari semua teka teki ini... arh 22/2/2010 bersambung edisi berikut....

Nasehat

“mintalah apan yang kamu inginkan tapi, nikmati sajalah apa yang ada pada mu saat ini,

Karena itu jauh lebih baik dari yang kau inginkan” harry,30/1/11

“ungkaplah apa yang tersimpan dalam hati, sebelum itu menjadi penyakit dosa yang akan sulit untuk dimaafkan oleh siapapun” harry,30/1/11

“sakit – sakit kecil itu lebih mudah kau hadapi, dari pada sakit besar yang kau tahu tapi kau tak hiraukan” harry,30/1/11

“momen yang sederhana itu jauh lebih bahagia dari pada tak memiliki momen sendiri, dengan orang yang dekat” harry,30/1/11

“mengerjakan sesuatu itu hanyalah Tuhan yang menilai, bukan siapa pun, karena hatilah yang tahu apa itu baik atau benar untuk kita atau orang lain” harry,30/1/11

“ceritakanlah dirimu apa yang kau tahu bila itu baik untuk orang lain dan dirimu, kurangilah ocehan kepada orang lain, dalam bentuk sekecil apapun” harry,30/1/11

Puisi,,,,,

Semua rasa

Terkadang air hujan akan terasa seperti teh di pagi hari,

Manis tanpa kata-kata, kuning rasa jeruk, merah rasa anggur, hijau rasa kehidupan

Carilah rasa yang kau sukai dengan semua rasa yang ada disini

Buatkan citra rasa terindah melebihi indahnya pelangi sore hari

Atau sun set,

Jadikan matahari pertama di tahun ini sebagai harapan dan bintang

Agar kau bisa kejar dan gapai dengan ketulusan hati

Kutuklah apa yang menghangimu dengan kutukan cinta dan senyum

Sebab itu akan berbekas di dalam hati tanpa diminta sekalipun

Kagum dan histerislah ketika musik mulai dimainkan oleh penyanyi

Gengam erat tangan yang dapat kau gapai

Tataplah di ujung pulau, tapi lihatlah kebawah dan kebelakang juga walau hanya sekali.

Berhentilah saat rasa itu hilang. 30/1/11 (achmad)

Ku kejar lagi cinta

Waktu berlalu dengan cepat tak terasa 4 tahun bersama

Entah apa yang terjadi 72 x setiap detik jantung berdetak

Tak bisa lagi kubendung menjadi 1000x atau lebih saat dekat denganmu

Andai ku tak punya hati mungkin darahku telah habis keluar

Saat ku mulai dekat lagi dengan mu,

Senyum itu selalu kau hadirkan. Hampir-hampir kehilangan nyawa

Sadarku saat kau telah memilih hati yang lain untuk bersamamu

Ku tak akan ungkap apa yang kurasa sekarang,

Tapi akan tetap ku jaga senyum agar tak hilang

Hati dan jantungku telah setuju untuk merahasiakan dirimu

Tak satu orang pun selain Tuhan yang tahu

Ku sayang kamu lebih dari yang kau tahu

Biarkan dia dengan yang dia mau Tuhan agar

Kubisa temukan hatiku tersenyum padanya

Tak akan kubiar siapapun merusak rasa ini.

Akan tetap ku kejar dan ku jaga jarak

Karena ku takut saat kau tahu, isi hatiku

Kau telah dapat jawabnya tapi kau tak lagi temukan wujudku.

Tuhan jagalah senyumnya untuk ku selamanya (30/1/11) HARRY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar