Home

Jumat, 30 September 2011

Edisi 29 Kebagaian Itu Ada Di Hati

From Redaksi

Kebagaian Itu Ada Di Hati

Assalamulaikum Wr.Wb.

Hai para pembaca yang budiman, semoga kali ini, teman-teman semua dalam keadaan sehat Walafiat. Berbicara tentang kebahagian, ada yang mengatakan bahwa kebahagian itu terjadi saat kita memiliki rumah yang besar dan bagus. Benar sekali tidak salah, hanya apa itu benar adanya? Karena banyak orang yang memiliki rumah besar namun tidak merasa bahagia karena orang yang disayangkannya tidak bersamanya.

Ada juga yang mengatakan bahwa kebahagian itu jika kita memiliki mobil Ferreri. Itu benar tapi apakah menjamin seseorang bisa bahagia dengan keadaan tersebut? Banyak orang memiliki barang merawah tapi tak bisa menemukan kebahagiaan.

So, apa sih sebenarnya yang dibutuhkan untuk bisa kita bahagia? Ada sebuah cerita dari masa Jaman Muhammad SAW. Ada seorang sahabat mengeluh bahwa rumahnya kecil, dan dia tidak menemukan kebagiaan didalamnya. Saat itu Muhammad hanya menyuruhnya masukkan seekor Ayam di dalam rumahnya. Orang itu sebenarnya bigung dengan apa yang disuruh oleh Muhammad namun karena percaya kepadanya maka sahabat tersebut pun melakukan apa yang di suruh kepadanya.

Setelah satu hari kemudian sahabat tersebut pun kembali kepada Muhammad dan mengatakan Rumahnya tambah sempit karena ada seekor ayam di dalamnya. Mendegarkan apa yang dikeluhkan oleh sahabat itu pun Muhammad menyuruhnya untuk memasukan seekor kambing di dalamnya.

Sahabat tersebut pun melakukan apa yang dikatakan Muhammad, keesokan harinya pun laki-laki itu mengatakan bahwa rumahnya bertambah sempit dari sebelumnya. Mendegar pernyataan tersebut Muhammad pun menyuruhnya untuk memasukan seekor onta ke dalam rumahnya. Sahabat tersebut pun melakukannya.

Selepas kejadian tersebut laki-laki itu pun bertanya kepada Muhammad. “Wahai Rasul Allah apakah yang hedak kau lakukan kenapa semua binatang engkau suruh untuk kumasukan kedalam rumahku.

Muhammad hanya diam saja, dan menyuruh setiap hari agar binatang tersebut di keluarkan secara satu persatu dari rumahnya. Dan saat sahabat tersebut melakukannya.

Tiga hari kemudian sabahat tersebut langsung mendatangi Muhammad dan mengatakan sekarang rumahnya telah merasa luas dan perasaannya telah merasakan bahagia. Saat itu pun Muhammad menjelaskan bahwa untuk bisa merasakan kebahagian kita hanya membutuhkan hati yang selalu merasakan tenang dan ringan dari semua hal, walaupun kita banyak masalah tapi bila kita hadapi dengan tenang maka akan membuat kita jadi bahagia.

Nah, ngimana teman-teman sudah mengertikan bahwa kebagian itu sebenarnya datangnya dari hati kita yang senang dan tenang.(Achmad)



Nasehat

Berhentilah Mengeluh

Pantaskah anda mengeluh? Padahal anda telah dikaruniai sepasang lengan yang kuat untuk mengubah dunia. Layakkah anda berkeluh kesah? Padahal anda telah dianugerahi kecerdasan yang memungkinkan anda untuk membenahi segala sesuatunya.

Apakah anda bermaksud untuk menyia-nyiakan semuanya itu? lantas menyingkirkan beban dan tanggung jawab anda? Janganlah kekuatan yang ada pada diri anda, terjungkal karena anda berkeluh kesah. Ayo tegarkan hati anda. Tegakkan bahu. Jangan biarkan semangat hilang hanya karena anda tidak tahu jawaban dari masalah anda tersebut.

Jangan biarkan kelelahan menghujamkan keunggulan kamu. Ambillah sebuah nafas dalam-dalam. Tenangkan semua alam raya yang ada dalam benak anda. Lalu temukan lagi secercah cahaya dibalik awan mendung. Dan mulailah ambil langkah baru.

Sesungguhnya, ada orang yang lebih berhak mengeluh dibanding anda. Sayangnya suara mereka parau tak terdengar, karena mereka tak sempat lagi untuk mengeluh. Beban kehidupan yang berat lebih suka mereka jalani daripada mereka sesali. Jika demikian masihkan anda lebih suka mengeluh daripada menjalani tantangan hidup ini?



Puisi


Puntu Hatimu

Ku ingin menemuimu di balik pintu itu

namun ku tak bisa membuka pintu yang ada di depanku

semakin ku mencoba mencari apa dan dimana kuncinya

semakin sulit ku menemukannya

bukankah sudah ku katakan jangan pernah berhenti

semakin kau mencoba maka akan semakin sulit ku menemuimu

buatkanlah aku pintu lain yang bisa kulalui

sunggu ku ingin kau mengerti betapa ku

merindukan mu lebih dari apa pun. (30/9/2011, Harry)



Keajaiban Doa

Ku Punya sebuah kisah dari masa lalu

dimana ada seorang petani yang sedang mencari sebuah benih padi.

namun dia tak pernah menemukan benih itu ada di sekitar rumahnya

berkunjunglah seorang temannya dan bertanya padanya

Apakah yang kau cari saudara ku

sang petani itu pun menjawab sambil meneteskan air mata

"ku mencari penghidupan untuk keluargaku"

malam pun tiba dan teman dari sang petani itu pun berkata

pernahkah kau melihat keajaiban?

petani itu tanpa kata hanya mengelengkan kepala

lalu sang teman itu pun berkata Berdoalah pada Sang Pencipta

maka apa pun yang kau harapkan akan tampak pada mu.

seminggu kemudian sang teman itu pun melihat petani itu telah

menabatkan benih untuk ladangnya. (harry, 30 September 2011)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar